Fakta unik tentang Komodo

http://www.awesomekomodotour.com/

Komodo merupakan hewan yang paling sering dibicarakan dan menjadi pusat perhatian penggemar hewan dewasa ini. Dibalik keunikan dan kelangkahan yang dimiliki hewan ini, kita pun seharunya tahu beberapa fakta unik tentang komodo. Jadi buat kamu yang ingin berlibur ke Taman Nasional Komodo seharunya tahu sekurang-kurangnya 11 fakta unik tentang KOMODO. Berikut merupakan 11 fakta unik tentang komodo  yang harus  kamu tahu. 
1. Komodo pada umumnya memiliki rentan usia yang terbilang cukup panjang. Usian Komodo dapat mencapai  35-50 tahu. umur yang cukup panjag bukan? Komodo betina biasanya hanya bertahana hidup sampai di usia 35 tahun atau 40 tahun jika kuat. sedangkan yang jantan dapat mencapai usia 50 tahun. Untuk membedakan komodo muda dan tua, dapat dilihat dari warna kulit, ukuran, dan bentuk tubuh komodo. semakin tua komodo biasanya kulitnya makin kusam dan memiliki ukuran yang yang paling besar. berbeda dengan yang betina. Komodo betina memiliki postur yang lebih kecil dan rahang yang kecil dibbandingkan dengan yang jantan. 
2. Bergerak begitu cepat saat menerkam mangsa. Kecepatan maksimal  18 kilometer per jam. Dalam jarak yang pendek komodo dapat bergerak secepat kilat untuk melumpuhkan musuhnya. kecepatan maksiamal ini sering dipakai komodo saat mnerkam kerbau, rusa, monyet bahkan manusia.  
3. Suka Berjemur Komodo berdarah dingin sehingga butuh panas matahari guna menjaga suhu tubuh untuk tetap stabil guna tuk memaksimalkan pencernaan makanan.  Jika suhu tubuh terlalu dingin komodo dapat mudah terserang sakit dan mati. sebab makanan yang ada di dalam tubunya akan membusuk dan menjadi racun yang dapat membunuh komodo itu sendiri.
4. Menyelam sedalam 4 meter dan dapat berenang dengan jarak maksimal  200-400 meter. Itu sebanya kita dapat melihat komodo di beberapa pulau.  Komodo dapat berpindah dari pulau yang satu ke pulau yang lain terlebih khusus jika air laut surut.  
5  Musim Kawin terjadi di bulan juni, juli dan Agustus. Usia siap kawin komodo ketika  mencapai usia 8-9 tahun. Pada bula-bulan ini sangat sulit untuk menemukan komodo. namun ada beberapa hal unik yang akan anda jumpai. salah satunya ada pertarungan antara komodo betina saat memperebutkan sarang dan komodo jantan saat memperebutkan betina.  
6. Masa inkubasi Telur Komodo berkisar 9 bulan hampir sama dengan masa kehamilan manusia. komodo memiliki telur sebanyak 15-30 butir . 
7. Komodo betina dapat berpuasa lebih dari satu bulan demi menjaga telurnya. Komodo betina menjaga telurnya selama satu sampai dua bulan. Pada masa-masa ini Komodo betina akan menjadi sangat agresif.  induk komodo akan melindungi telurnya dari komodo jantan, monyet, babi hutan biawak dan beberapa hewan lainnya. 
8. Induk komodo akan datang memakan anaknya ketika anaknya keluar dari cangkang telur.  Setelah menetas anak komodo akan diarahkan oleh instingnya untuk melindungi diri dengan cara naik ke pohon dan hidup di pohon sekitar 2-3 tahununtuk menghindari pemangsa. Di pohon anak komodo makan kadal, burung, atau tikus. 
9. Komodo tidak meiliki bakteri pada saat baru menetas, bayi komodo tidak memiliki bakteri. bakteri kan didapat komodo dari serangga yang dimagsanya dan beberapa bagkai makanan. ada 70 bakteri berbahaya dalam liur komodo yang berusia sekitar 5 tahun ke atas. 
10. Komodo tidak dapat melihat dengan jelas. Komodo mengenali mangsanya melalui indra penciuman. komodo dapat mecium bau bangakai atau darah dari radius 5 km. 
11. Komodo dapat bertahan satu bulan tanpa makan. Komodo Betina dapat bertahan 2-3 bulan tanpa makan. ketika mereka melindungi sarangnya.  

Comments

  1. Luar biasa...ayo kita share buat menambah pengetahuan kita.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Asal muasal Taman Nasional Komodo

Mengenal Taman Nasional Komodo